Kamu Pengguna Vape Pemula? Ini Tips Memilih Vape yang Baik

Spot Dokter – Belum pernah menggunakan vape sebelumnya? Tapi mau mencoba berhenti merokok tembakau? Tenang, kamu yang baru saja mau memulai beralih ke vape dari rokok tembakau bisa mencoba membeli untuk …

Dapatkan Komisi Dengan Kode Rujukan PasarPolis Mitra

Spot Dokter –  Apakah Anda pernah mendengar aplikasi PasarPolis Mitra? PasarPolis merupakan perusahaan asuransi online (insurtech) Indonesia. Didirikan pada tahun 2015, perusahaan ini menawarkan banyak layanan asuransi online seperti asuransi mobil, …

Tips Mengarahkan dan Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak Sejak Usia DIni

Spot Dokter – Perkembangan emosi anak mengacu pada kemampuan anak untuk mengenali hingga mengelola emosi. Kemampuan untuk mengelola perasaan dapat membangun pribadi yang berkarakter, percaya diri. Hal ini pun membentuk citra …

perkembangan emosi anak

Spot Dokter – Perkembangan emosi anak mengacu pada kemampuan anak untuk mengenali hingga mengelola emosi. Kemampuan untuk mengelola perasaan dapat membangun pribadi yang berkarakter, percaya diri. Hal ini pun membentuk citra diri yang lebih baik dan positif.

Dalam hal ini, orang tua punya peran penting untuk mengenalkan emosi pada anak. Dengan begitu, perkembangan emosinya akan terarah dan meningkat. Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengarahkan bagaimana emosi anak nantinya berkembang:

perkembangan emosi anak

Mengenalkan emosi anak

Anda adalah andalan untuk membantu anak mengenali emosinya. Secara sederhana, Anda bisa mengajak anak untuk mengidentifikasi suatu emosi. Contohnya adalah rasa kecewa, marah, swnang, dan lainnya.

Setelah itu, Anda bisa menjelaskan secara perlahan padanya tentang dampak emosi yang telah dialaminya. Contoh, jika anak sedang dalam keadaan marah, maka akan ada dampak tertentu pada orang sekitar.

Mengenalkan emosi yang ditunjukkan orang tua

Anak bukan hanya harus mengerti emosi yang sedang dihadapinya. Selain itu, anak juga harus memahami emosi yang sedang ditunjukkan orang tua. Inilah tugas Anda selanjutnya. Bagaimana caranya?

Anda dapat memberitahu sesuatu yang dapat membuat Anda senang atau marah. Ini dapat melatih empati dan kecerdasan emosionalnya terhadap orang sekitar. Anda pun bisa mengajarkan bagaimana cara mengelola emosi negatif dan menghadapi orang yang sedang dalam keadaan emosi tersebut.

Memperkenalkan keterkaitan perasaan dan suasana

Suasana sekitar sangat berkaitan erat dengan perkembangan emosi anak. Misal, suasana bosan yang terjadi di rumah dapat membuatnya merasa gelisah dan marah. Sebaliknya, suasana ramai di rumah karena adanya hal baru dapat membuatnya merasa sangat senang.

Pengenalan ini sangat penting agar anak memahami bahwa emosi juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Dalam hal ini, Anak juga sadar bahwa suasana luar sangat mempengaruhi pribadinya. Sehingga, nantinya, anak akan siaga untuk menghadapi dan mencari solusi.

Memperkenalkan keterkaitan emosi dengan suasana berbagai tempat

Selain memahami keadaan dan suasana rumah, anak pun perlu mengenali perubahan suasana yang ada di berbagai tempat. Tujuannya yakni untuk merangsang emosinya agar lebih peka terhadap lingkungan luar dan orang yang tak dikenalnya sekalipun. Itulah sebabnya anak harus memahami dunia luar yang dipenuhi orang dengan berbagai sifat.

Dari penjelasan di atas, orang tua memang harus ikut andil untuk mengembangkan emosi anak. Ini karena tak mudah baginya untuk langsung memahami maksud tersebut. So, cobalah cara-cara sederhana tersebut dan amati bagaimana perkembangan emosi anak dari hari ke hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *