Mulai Usaha Jasa Percetakan Sekarang Juga di PADI UMKM Dengan Cara Berikut Ini Bagian II

Spot Dokter – Kunci keberhasilan lain dalam bisnis selain niat yang dibarengi dengan keahlian yang mumpuni adalah adanya rancangan bisnis. Ini sangat penting, karena bisnis jasa percetakan yang Anda jalankan akan …

Redoxon Untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Spot Dokter – Redoxon adalah merek suplemen vitamin yang memiliki sifat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda …

5 Tips Sederhana untuk Menjaga Kadar Lemak dalam Tubuh

Spot Dokter – Lemak memang diperlukan bagi tubuh sebagai cadangan nutrisi, namun kelebihan lemak bisa menimbulkan penyakit tertentu. Melalui alat pengukur lemak tubuh siapa pun kini bisa mengetahui seberapa banyak kadar …

penyebab thalasemia

Spot Dokter – Apakah Anda pernah mendengar tentang thalasemia sebelumnya? Bisa dikatakan jika thalasemia adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius dan bisa terjadi pada bayi. Secara umum, penyebab thalasemia diyakini adalah faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua.

Thalasemia yang menyerang nantinya akan mengakibatkan anemia atau kekurangan darah. Meskipun anemia bisa dikatakan sebagai penyakit umum yang tidak terlalu mengkhawatirkan, namun dampak thalasemia bisa lebih buruk daripada anemia. Pada kasus thalasemia mayor, penderita bisa terkena komplikasi yang sangat serius, seperti gagal jantung, gangguan pada hati hingga kematian.

penyebab thalasemia

Penyebab Utama Thalasemia

Para pakar kesehatan sepakat bahwa penyebab thalasemia adalah kelainan genetik. Dalam hal ini, gen yang mengalami kelainan adalah gen yang seharusnya menghasilkan komponen sel darah merah.

Adanya kelainan ini akan menyebabkan gangguan pada proses produksi sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Oleh karenanya, sel darah merah akan cenderung lebih mudah dihancurkan. Jika hal ini terjadi, maka penderita thalasemia akan mengalami anemia yang bisa semakin memburuk.

Terkait sebab genetik, jika salah satu orang tua menderita thalasemia, maka ada kemungkinan anak mereka menderita thalasemia minor atau ringan. Namun, jika anak terlahir dari kedua orang tua yang menderita thalasemia, maka ada kemungkinan ia akan lahir dengan gangguan thalasemia mayor atau berat.

Gejala Umum Thalasemia

Ada beberapa gejala umum yang muncul karena seseorang menderita thalasemia. Tentu, jika beberapa gejala tersebut muncul, maka penanganan pada penderita harus segera dilakukan.

Adapun beberapa gejala umum thalasemia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kulit cenderung pucat
  • Lebih mudah lelah
  • Pusing yang muncul tiba-tiba
  • Nafsu makan yang berkurang drastis
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Sesak napas

Selain beberapa gejala tersebut, thalasemia yang menyerang bayi akan membuat bayi cenderung lebih rewel serta mengalami gangguan pada proses pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan, jika thalasemia tidak segera diatasi, maka bayi bisa menderita sakit kuning karena kerusakan hati yang bisa berdampak parah.

Jika dilihat dari penyebab thalasemia, gangguan kesehatan ini cenderung tidak bisa dicegah. Namun, penanganan yang tepat akan membuat dampak buruk tidak akan muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *