Tips Mengarahkan dan Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak Sejak Usia DIni

Spot Dokter – Perkembangan emosi anak mengacu pada kemampuan anak untuk mengenali hingga mengelola emosi. Kemampuan untuk mengelola perasaan dapat membangun pribadi yang berkarakter, percaya diri. Hal ini pun membentuk citra …

5 Rekomendasi Bahan Alami yang Bisa Menyehatkan Rambut

Spot Dokter – Rambut yang tampak lebih berkilau, bebas kusam dan anti lepek jelas menjadi dambaan semua kaum Hawa. Tidak hanya wanita saja, pria juga ingin rambut sehat bebas dari masalah …

5 Penyebab Gangguan Pencernaan pada Anak yang Perlu Diketahui

Spot Dokter – Meski terlihat sepele, gangguan pencernaan pada anak akan mengganggu kenyamanan dan juga kesehatan si kecil. Namun, ada juga faktor penyebab masalah pencernaan yang akan memicu tumbuh kembang anak …

Pengobatan Hipertensi Pulmonal

Spot Dokter – Hipertensi pulmonal adalah salah satu penyakit darah tinggi yang menyerang pembuluh darah arteri di paru-paru dan sisi kanan jantung. Hipertensi jenis ini belum dapat disembuhkan tuntas sehingga pengobatannya hanya ditujukan untuk meredakan saja. Jika sudah di diagnosa sejak awal, maka kerusakan arteri pulmonal bisa dicegah. Salah satu penanganan yang tepat adalah pemberian obat. Jika sudah merasakan sesak akibat gejala hipertensi pulmonal, segera siasati dengan beli obat pada apotek sesuai anjuran dokter. Berikut jenis obat yang bisa meredakan hipertensi pulmonal:

Pengobatan Hipertensi Pulmonal

1. Sildenafil atau tadalafil

Keduanya sama-sama berfungsi untuk membuka pembuluh darah di paru-paru agar darah dapat mengalir dengan lebih mudah. Efek samping yang dapat muncul adalah gangguan dan rasa tidak nyaman pada perut, sakit kepala, sampai gangguan penglihatan.

2. Antagonis kalsium.

Obat ini berfungsi untuk melemaskan otot pembuluh darah yang ampuh pada pasien penderita hipertensi pulmonal. Jika otot pembuluh darah sudah tidak tegang, maka pasien akan merasa napas lebih lega.

3. Antikoagulan

Obat golongan ini berfungsi untuk pengencer darah yang dapat menghambat terbentuknya gumpalan darah. Tetapi, obat golongan ini harus dikonsumsi dalam pengawasan karena dapat menyebabkan pendarahan jika tidak sesuai dosis.

4. Diuretik

Diuretik adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi cairan dalam tubuh dan membatasi penumpukan cairan dalam paru-paru, sehingga kerja jantung akan lebih ringan dan tidak menyebabkan sesak.

5. Digoxin.

Obat jenis ini dapat membantu kerja jantung agar memompa darah lebih banyak sehingga dapat mengendalikan denyut jantung menjadi normal.

6. Iloprost.

Obat ini berbentuk uap yang bisa digunakan sebanyak enam sampai sembilan kali dalam sehari untuk membuka pembuluh darah yang menyempit.

Selain mengkonsumsi obat-obatan diatas, Anda juga harus mengimbangi dengan istirahat yang cukup, makanan bergizi, olah raga yang sesuai dengan porsi tubuh Anda, hindari asap rokok, hindari aktivitas yang dapat menurunkan tekanan darah serta hindari tinggal pada dataran tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, terkait obat yang sesuai untuk gejala hipertensi pulmonal Anda, Anda bisa bertanya pada layanan terbaik HonestDoc melalui website atau whatsapp. Nikmati jika gratis ongkir keseluruh Indonesia untuk pembelian obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *