perawatan pasca stroke

Spot Dokter – Selain penyakit jantung, nyatanya stroke ini juga mengambil peran sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia. Masalah kesehatan yang masuk dalam kategori berat, karena dapat menyerang siapa saja dan bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan. Baik itu kelumpuhan secara total maupun sebagian. Sehingga patut untuk diwaspadai, ada baiknya Anda juga mengetahui perawatan pasca stroke yang besar. Karena umumnya pengobatan yang dilakukan pada penderita penyakit ini tak cukup hanya dilakukan sekali, harus seterusnya untuk memulihkan kondisinya, meskipun tidak akan sama seperti sedia kala.

perawatan pasca stroke

Stroke ini nyatanya juga banyak menyebabkan penderitanya kehilangan semangat hidup. bukan tanpa alasan pastinya. Karena memang serangan pertama kerap kali sudah mengurangi kualitas hidup penderitanya tersebut. Entah itu kelumpuhan, kebutaan sampai dengan kehilangan memory atau daya ingat. Sehingga kehidupan mereka tidak sama lagi seperti dahulu kala sebelum penyakit ini menyerang. Pastinya di dalam merawat pasien yang terkena stroke ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, berikut ini diantara tipsnya, yaitu:

  1. Bantulah pasien untuk berpindah tempat, karena memang stroke membuat mereka kesulitan dalam bergerak, agaknya jika ingin berpindah tempat maka bisa dibantu. Karena jika tidak beresiko menyebabkan mereka terjatuh bahkan mungkin mengalami cidera yang lebih parah. Jadi selagi mereka belum mampu untuk bergerak sendiri ada baiknya untuk dibantu.
  2. Ajaklah pasien untuk bergerak, hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak pasien bergerak, karena jika diam saja hal ini membuat kemunduran fungsi sendi-sendi atau anggota gerak dari pasien tersebut. Selain itu dengan bergerak sebenarnya dapat melatih otot dan juga saraf yang lemah menjadi kuat kembali dan mampu untuk beraktivitas.
  3. Membantu mereka dalam makan, jangan lupa untuk membantunya dalam makan, bagaimanapun mereka tetap butuh asupan nutrisi untuk menunjang aktivitas. Hanya saja tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi. Untuk itu harus lebih selektif di dalam memilihkan jenis makanan yang tepat, bantu mereka makan sehingga tidak tersedak, karena hal ini hanya akan membahayakan nyawa.
  4. Mengajaknya berkomunikasi, kerap kali penyakit stroke juga menyebabkan gangguan komunikasi, bicara menjadi tidak jelas, begitu juga dengan ingatan yang menghilang. Untuk itu ada baiknya selalu mengajak pasien untuk berkomunikasi sambil mengembalikan ingatan.
  5. Melatih kerja otaknya, jangan lupa juga untuk melatih kinerja otak penderita dengan memberikan informasi seperti hari, waktu dan juga nama-nama orang terdekat mereka. secara perlahan ini membantu untuk mempercepat proses pemulihan ingatan mereka.
  6. Menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, sebisa mungkin Anda harus menciptakan lingkungan yang aman bagi pasien, misalnya adalah dengan memasang rel penyangga di sepanjang rumah, sehingga membuat mereka lebih aman ketika berjalan, meminimalisir resiko yang tidak diinginkan.
  7. Ingatkan untuk minum obat dan juga jadwal terapinya, ini termasuk hal yang penting karena pengobatan bagi pasien pasca serangan stroke tidak bisa hanya dilakukan sekali. Melainkan harus berkali-kali dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien tersebut.

Itulah diantaranya serangkaian perawatan pasca stroke yang harus dilakukan. memang membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar pulih. Untuk itulah maka keluarga harus menemaninya secara sabar. Penyakit stroke ini nyatanya juga dapat kambuh sewaktu-waktu, untuk itulah maka harus rutin mengonsumsi obat yang diberikan, perhatikan juga keamanan mereka selama di rumah.