nama anak laki-laki

Spot Dokter – Salah satu kewajiban kita sebagai orang tua pada saat bayi lahir adalah segera memberikan nama bagi bayi tersebut. Dalam hal ini, orang tua mempunyai kewajiban untuk mencari dan memberikan nama yang baik untuk anaknya. Salah satu tujuan orang tua harus memberikan nama yang baik untuk anaknya, adalah agar sebuah nama itu menjadi doa. Karena sebuah nama yang baik, tentunya syarat dengan makna yang baik juga. Sehingga ketika sebuah nama yang baik itu diberikan kepada bayinya, maka harapan orangtua agar anaknya itu berperilaku atau bersikap sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya.

Adapun maksud dan tujuan dari pemberian nama anak laki-laki yang baik juga, adalah karena nama ini adalah lambang identitas diri seseorang. Dengan sebuah nama yang baik, maka seseorang akan dikenali dengan nama itu selama dirinya hidup sampai dirinya meninggal nantinya. Ketika seseorang dipanggil oleh orang lain dengan sebuah nama baik yang menempel pada dirinya, maka seolah-olah seseorang ini sudah didoakan oleh mereka-mereka yang memanggilnya. Beberapa orang tua memberikan nama yang baik untuk bayinya itu berdasarkan nama-nama yang islami. Untuk itulah dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa nama bayi laki-laki Islami yang keren sebagai berikut :

nama anak laki-laki

1. Razi

Nama lengkap dari Razi ini adalah Zakaria ar Razi. Kalau di dunia barat beliau ini dikenal dengan sebutan Rhazez. Beliau merupakan seorang ahli sains serta ilmuwan dari Persia yang hidup di abad 9-10. Beliau ini sangat banyak memberikan kontribusinya di bidang kedokteran. Sehingga beliau ini mendapatkan julukan Dokternya para dokter, Bapak Pedtriatik, dan Pioner dalam bidang Optalmologi. Selain itu, beliau juga merupakan orang yang pertamakli menulis buku tentang imunologi, alergi, campak, dan cacar. Bahkan salah satu karyanya yakni “ Al Mansuri”, telah dimasukkan dalam kurikulum pendidikan barat. Di bidang kimia, beliau ini menemukan senyawa kimia seperti keroson, dan alkohol. Sedangkan di bidang farmasi, beliau berkontribusi dalam membuat peralatan lab seperti spatula, tabung, dan mortar.

2. Safwan

Safwan ini sebuah nama yang mempunyai arti bersih dan ikhlas. Bayi laki-laki yang disematkan nama Safwan ini, maka nantinya diharapkan akan mempunyai hati yang bersih. Dengan memiliki hati yang bersih, maka bayi akan dapat mudah memaafkan orang lain yang telah berbuat salah kepadanya. Anak juga diharapkan akan menjadi laki-laki yang berjiwa ikhlas didalam menghadapi segala kemungkinan hal buruk yang terjadi didalam dirinya.

3. Nizami

Nama lengkapnya adalah Nizami Ganjavi. Beliau ini merupakan seorang penyair epik romantik terbesar dalam kesusastraan Persia yang hidup di abad 2—13. Selain itu beliau juga sangat dikenal memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam berbagai bidang tertentu. Bukan hanya sastra, namun beliau juga menguasai bidang lainnya seperti botani, obat-obatan, astrologi, kimia, astronomi, dan matematika. Sehingga tidak aneh kalau karya-karyanya sangat dipengaruhi oleh pengetahuannya yang luas ditambah dengan sensibilitas sosialnya yang kuat. Salah satunya karyanya yang tersohor adalah “Laila Majnun”, yang sering disebut juga “Romeo dan Juliet” nya Iran. Dalam karyanya itu, beliau menyajikan kata-kata indah novel, misalnya “Cinta tidak pernah membelenggu” yang ada dalam syair “Wahai Laila Kekasihku” di dalamnya.

Itulah beberapa nama anak laki-laki Islami keren yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sedang mencarikan nama bagi anak laki-lakinya.