AC Multi Split untuk Solusi Pendingin Hemat Energi Semua Ruangan

Spot Dokter – Jika Anda ingin tahu salah satu solusi mesin pendingin yang hemat energi, Anda bisa mengeceknya di laman https://www.lg.com/id/business/multi-split. Di sini Anda akan menemukan mesin pendingin sistem multi-split yang …

Mengenal Penyakit Asam Lambung, Penyebab, Gejala Serta Pengobatannya

Spot Dokter – GERD merupakan masalah pada pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Kondisi tersebut akan menyebabkan rasa panas atau terbakar di bagian …

Beli Tiket Kereta Jakarta Bandung, Pastikan Pahami Syarat-Syaratnya

Spot Dokter – Di masa pandemi ini, ada banyak hal yang berubah. Termasuk saat naik angkutan umum, seperti kereta. Kita tidak bisa dengan mudahnya keluar masuk membeli tiket begitu saja. ada …

Cara Merawat Luka Agar Cepat Kering
0 Comments

Spot Dokter – Ketika kulit terluka karena benda tajam, terjatuh dan hal sebagainya, tentunya harus dirawat dengan benar. Perawatan luka tersebut tergantung dari jenis lukanya. Apabila perawatan luka tidak maksimal, nantinya akan membuatnya menjadi sulit sembuh dan terkadang terjadi infeksi. Berikut adalah tips dan cara merawat luka dengan benar agar cepat kering :

Cara Merawat Luka Agar Cepat Kering

1. Bersihkan Dengan Benar

Kebanyakan orang membersihkan luka hanya dengan kain bersih tanpa dibilas dengan air bersih yang mengalir. Cara membersihkan luka untuk pertama kali adalah dengan membersihkannya di bawah aliran air. Hindari untuk menekan bagian sekitar luka karena justru akan mengeluarkan banyak darah.

2. Menggunakan Antiseptik Alami

Beberapa bahan rempah dapat Anda manfaatkan sebagai obat antiseptik alami. Contohnya disini adalah minyak tea tree yang memiliki kandungan zat untuk membunuh kuman. Penggunaan antiseptik alami ini tentunya harus berhati-hati, karena pada beberapa orang didapati tidak cocok.

3. Gunakan Salep Untuk Luka

Jangan sembarangan menggunakan salep pada luka tersebut karena akan membahayakan. Gunakanlah salep khusus untuk mengeringkan luka sesuai dengan anjuran dokter. Untuk melihat salep khusus luka yang ampuh, Anda bisa mengunjungi link https://www.goapotik.com/produk/hemolok-1-botol-100-ml.

4. Gunakan Pengering Luka

Selain menggunakan antiseptik dari alami, Anda juga bisa menggunakan pengering luka secara alami. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengering luka adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan senyawa yang dapat mengurangi terjadinya inflamasi pada kulit dan memberikan rasa lembab pada daerah yang terluka.

5. Gunakan Ekstrak Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya dimanfaatkan untuk diet saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat luka agar segera kering. Caranya adalah cari ekstrak teh hijau, kemudian campurkan dengan petroleum jelly. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada area luka, tunggu dalam beberapa menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

6. Jangan Mengelupas Area Luka

Meskipun luka terlihat sudah kering, namun jangan sampai Anda kelupas sendiri. Cara agar luka cepat kering adalah dengan membiarkannya mengelupas secara alami. Karena seringkali dijumpai luka yang terlihat kering justru bagian dalamnya belum benar-benar kering. Jadi, usahakan urungkan niat Anda ketika merasa gatal ingin mengelupas luka tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *