tanda anak kecanduan game online

Spot Dokter – Takut anak Anda memiliki masalah kecanduan game online? Ayo cek dengan memperhatikan 5 tanda anak kecanduan game online berikut ini!

Jika Anak sudah seru bermain game, tentu mereka akan lebih fokus pada game-nya. Hal ini tentu sudah biasa terjadi pada hal lain. Contoh saat Anda konsentrasi membaca buku, Anda tentu tidak terlalu memperhatikan hal lain. Tapi bagi anak yang kecanduan, ia akan mengindahkan panggilan orang lain walaupun ia sadar sedang dipanggil.

Hal ini tentu berbeda dari situasi tidak mendengar. Sengaja membuat diri tidak mendengar adalah hal yang buruk. Jika dilakukan terus – menerus, Anda sebagai orang tua berarti tidak mendapatkan hormat yang seharusnya dari si anak. Hal seperti ini adalah tanda yang harus Anda tes untuk diketahui.

tanda anak kecanduan game online

Sulit Konsentrasi Diluar Bermain Game

Dikutip dari portal berita Harapan Rakyat, anak yang suka bermain game biasanya memiliki konsentrasi yang tinggi untuk segala hal yang ia lakukan. Tapi saat si anak jatuh pada kecanduan, motivasi dirinya untuk melakukan hal – hal selain game menjadi kecil. Hal ini membuat ia hanya bisa konsentrasi pada hal – hal yang berhubungan dengan game saja.

Untuk tanda yang satu ini, Anda bisa coba perhatikan saat si anak belajar. Buat aturan bahwa si anak boleh bermain game jika sudah selesai belajar. Jika si anak masih bisa fokus belajar, ia belum masuk pada tahap kecanduan. Tapi saat ia terlihat malas – malasan dan mengulur waktu agar bisa bermain tanpa berkonsentrasi belajar, hal ini sudah menjadi tanda yang tidak baik.

Mudah Emosi Saat Dijauhkan Dari Game

Anak – anak pasti bisa emosi saat dipisahkan dari hal yang mereka sukai. Hal ini juga berlaku pada game. Tapi saat si anak kecanduan game hal ini menjadi berbeda. Anak biasa tentu tetap senang jika dialihkan dengan hal ia sukai lainnya. Contoh saat si anak main game, Anda mengajak si anak jalan – jalan beli es krim. Hal ini tentu bisa melepas si anak dari game jika ia masih normal.

Tapi saat si anak sudah kecanduan, ia akan tetap emosi walaupun diberi tawaran kegiatan yang menyenangkan lainnya. Tanda ini tentu menjadi masalah. Ini artinya si anak tidak memiliki hal lain yang bisa menarik perhatiannya selain game. Di mata anak seperti ini game online yang ia mainkan ini adalah satu – satunya hal yang tidak bisa ia lepas.

Memiliki Memori yang Pendek

Hal lain yang bisa jadi patokan untuk tanda anak kecanduan game online adalah memori yang memendek. Hal ini bukan berarti anak Anda menjadi pikun, tapi ia menjadi mudah lupa pada hal – hal yang tidak berhubungan pada game. Biasanya, anak yang kecanduan game hanya akan memikirkan soal game saja. Pikiran ini membuat informasi lain yang sebetulnya penting menjadi tersingkirkan.

Anak yang tidak mendengarkan perintah orang tua bisa saja terjadi karena hal ini. Sebagai contoh kasus, Anda menyuruh anak Anda membersihkan tempat tidur pada hari Minggu. Walaupun ia menjawab “iya” saat Anda beri tahu, hal ini mungkin tidak ia laksanakan. Si anak yang tidak segera membersihkan kamar ini bukan berarti ia menentang Anda, tapi bisa saja ia melupakan perintah Anda ini beberapa hari sebelum hari Minggu tiba.

Menjadikan Game Prioritas Utama

Hal lain yang bisa terjadi saat anak sudah kecanduan parah pada game online adalah prioritasnya yang salah. Jika anak Anda adalah siswa sekolah, ia akan lebih mementingkan game daripada pergi ke sekolah. Banyak kasus anak – anak membolos sekolah hanya untuk pergi ke warnet dan bermain game.

Hal seperti ini tentu sudah ekstrim, tapi ada tanda – tanda kecil yang bisa Anda cek untuk pengalihan prioritas ini. Misal si anak harusnya sudah lapar dan makan, tapi ia masih sibuk main game. Hal ini artinya ia lebih memprioritaskan main game daripada kesehatan dirinya sendiri.

Sekian bahasan tanda – tanda anak kecanduan game online. Mudah – mudahan dengan informasi ini, Anda bisa mendeteksi awal kecanduan anak dan membantu mereka. Sebagai pilihan solusi mengobati kecanduan ini, hubungi psikolog ataupun daftarkan anak ke tempat rehabilitasi kecanduan game online. Sekarang ini asrama dan pesantren banyak yang menawarkan jasa ini, Anda cukup lakukan research saja seputar layanannya.