Cara Membedakan Sepatu Diadora Asli dan Palsu

Spot Dokter – Produk Diadora Imitasi mudah ditemukan di pasaran. Keduanya dijual secara offline dan online. Agar tidak membeli barang palsu, bacalah pembahasan di bawah ini. Bagaimana Cara Membedakan Sepatu Diadora …

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam dengan Kebiasaan Ini

Spot Dokter – Kulit wajah kusam bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah akibat dari pemakaian make up, begadang, sering terkena matahari, dan lain-lain. Untuk mencegah wajah kusam, simak cara …

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Spot Dokter – Memiliki wajah putih cerah alami juga menjadi perhatian para pria. Wajah putih cerah bisa bikin Anda lebih percaya diri. Namun, mencerahkan wajah dengan cepat terkadang membutuhkan banyak usaha. …

gangguan pencernaan pada anak

Spot Dokter – Meski terlihat sepele, gangguan pencernaan pada anak akan mengganggu kenyamanan dan juga kesehatan si kecil. Namun, ada juga faktor penyebab masalah pencernaan yang akan memicu tumbuh kembang anak jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai hal yang menyebabkan masalah pencernaan pada anak.

gangguan pencernaan pada anak

1. Alergi Makanan

Alergi makananan seringkali akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak. Hal ini sangat wajar sebagai reaksi alergi yang dihasilkan setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Alergi makanan bisa terjadi saat protein dianggap sebagai ancaman oleh sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh akan mengeluarkan senyawa kimia yang bisa memicu alergi. Secara umum, alergi makanan bisa menyebabkan diare, mual, muntah dan juga sakit perut.

2. Infeksi Bakteri dan Virus

Penyebab lain dari gangguan pencernaan anak adalah infeksi dari bakteri dan juga virus. Kondisi tersebut biasanya akan menyebabkan diare. Secara umum, hal ini akan ditandai dengan meningkatnya frekuensi BAB (buang air besar) dan tekstur BAB akan lebih encer dan cair. Oleh sebab itu, saat si kecil mengalami diare, pastikan kebutuhan airnya tercukupi, agar si kecil tidak kekurangan cairan.

3. Pola Makan yang Salah

Pola makan yang salah juga menjadi salah satu penyebab masalah pencernaan pada anak. Biasanya hal ini akan ditandai dengan sembelit dan juga konstipasi. Masalah pencernaan ini biasanya ditandai dengan intensitas BAB yang kurang dari 3 kali dalam sehari. Sulit mengejan, tekstur BAB yang kering dan keras, serta kecil-kecil.

4. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Selain pola makan yang salah, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan masalah sembelit dan juga konstipasi. Sehingga anak Anda akan mengalami kesulitan buang air besar. sekedar informasi, ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan masalah sembelit. Misalnya saja, antasida, diuretik, suplemen zat besi dan juga antidepresan.

5. Mengidap Penyakit Tertentu

Gastroesophageal reflux disease (GERD), radang lambung, gastritis, radang usus dan juga irritable bowel syndrome (IBS) ternyata juga bisa menjadi penyebab masalah gangguan saluran pencernaan pada anak-anak dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Jika gangguan pencernaan anak Anda disebabkan oleh salah satu penyakit di atas, ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter agar segera ditangani dengan tepat dan cepat. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan komplikasi yang serius jika dibiarkan berlarut-larut.

Nah itu dia beberapa penyebab gangguan pencernaan pada anak yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan pencegahan berbagai masalah gangguan pencernaan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.