mengatasi susah bab

Spot Dokter – Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga sering mengalami yang namanya susah buang air besar atau sembelit. Ada cara mudah untuk mengatasi susah BAB yang bisa Anda terapkan di rumah. Caranya tidak sulit dan dijamin ampuh mengatasi masalah Anda. Mau tahu bagaimana caranya? Cek di bawah ini!

mengatasi susah bab

1. Olahraga

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah buang air besar Anda adalah dengan aktivitas fisik selama 15 hingga 30 menit per harinya. Aktivitas fisik seperti berolahraga ini akan membantu memperbaiki pencernaan Anda karena pengaruhnya pada gerakan otot di dalam usus. Nah, karena itulah bila Anda berolahraga, susah buang air besar jadi bisa diatasi.

2. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata juga sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah buang air besar. Minyak zaitun bisa membuat tinja lebih lunak sehingga bisa dikeluarkan lebih mudah. Namun, ada yang harus Anda ingat. Tak semua orang cocok minum minyak zaitun, beberapa orang seperti wanita hamil dan anak-anak tidak dianjurkan mengonsumsinya, ya!

3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Susah buang air besar biasanya dikarenakan tinja yang keras. Nah, tinja yang keras ini terjadi karena kekurangan air. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu minum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Secara umum, manusia membutuhkan minum sebanyak 2 liter atau 8 gelas per harinya. Namun, ada kemungkinan beberapa orang memerlukan air lebih.

4. Menambah Asupan Serat

Sembelit biasanya terjadi karena Anda mengalami kekurangan serat. Asupan serat yang cukup akan membuat tinja menjadi lunak dan lebih mudah bergerak di dalam usus. Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah BAB Anda adalah dengan menambah asupan serat seperti dari roti gandum maupun sereal.

Selain menggunakan cara mudah di atas untuk mengatasi susah BAB yang Anda rasakan, Anda juga bisa mengonsumsi obat sembelit yang dijual bebas. Tapi, Anda harus ingat! Penting hukumnya membaca dulu label pada kemasan untuk mengetahui dosis yang tepat, ya! Jangan sampai Anda mengalami kesalahan saat menggunakannya.